Saturday, April 4, 2015

Cara Membuat Roti Gandum

Hellow hellow.. how are yah! 
Back with a different post nih, posting tentang masak memasak boleh ya. Setelah beberapa kali nyobain dan pas cucok, saya mau berbagi nih. Resep roti andalan saya plus video demonstrasinya biar jelas. 
Oh ya, kali ini saya mencoba something healthy. A full wheat bread alias Cara membuat roti gandum. Yummm.. 
Enjoy! 

HOMEMADE ROTI GANDUM
klik play to watch the baking demonstration

Bahan Kering
340 gram tepung gandum atau tepung terigu protein tinggi (cakra)

Atau
170 gram tepung cakra
170 gram tepung segitiga

50 gram gula pasir
11 gram ragi instant

Bahan Basah
2 butir telur
120 ml susu cair (susu uht/susu pasteurisasi)

70 gram (5 sdm) mentega atau boleh dengan margarin
Bahan Water Roux
120 ml susu cair
65 gram tepung terigu

Caranya:
1. Buat water roux, campur bahan basah aduk rata lalu panaskan dengan api kecil (jangan sampai mengumpal)

2. Buat adonan basah: Campur adonan water roux dengan telur dan gula lalu aduk rata (memakai whisker atau mixer boleh)
3. Ayak adonan kering (tepung terigu, gandum, dan ragi) lalu campur dengan adonan basah aduk rata sampai lengket
4. Tuang adonan dimeja, tambahkan mentega (boleh dengan margarin juga) lalu uleni sampai kalis elastis
5. Diamkan 1 jam
6. Bulatkan kecil-kecil sesuai selera, diamkan 15 menit
7. Isi lalu bentuk sesuai selera
8. Oles dengan kuning telur yang sudah dicampur susu sedikit
9. Panggang 10-12 menit (sampai kuning kecoklatan)


6 comments:

  1. Looks delicious..
    Kepengen banget gitu bisa masak yang gini-gini... tapi aku ga sabaran. Hihihihihihi.....

    -Ninneta-
    www.ninneta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaaa pasti.. Aku juga dulu ga sabaran bangettttt.. Tp krna bebikinan jd malah melatih kesabaran heheh.. Semangat!

      Delete
  2. OMG Ciiiii you are my fairygodmother deeeh :'D aku sama temenku suka banget sama roti gandum soalnya bagus buat diet, dan sayangnya roti di supermarket kurang "gandum"nya :D thankyouuu resepnyaaaa :D btw Biebie sama Elle gemesin bangeeeett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha berasa cinderella dehhh..

      Horee.. Klo bermanfaat seneng deh.. Selamat mencoba ya. Semangat!

      Delete
  3. biebie gemesin banget, aku malah salah fokus liatin biebie terus jadinya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheehe.. Eksis diee klo mamanya udh on camera pasti ikutan :P

      Delete