Sunday, April 12, 2015

BAKING: Cara Membuat COKELAT CUPCAKE MUDAH

Hellow don't Mellow :P

Post tentang Baking nih bok, akhirnya pencaharian resep buat kue ulang tahun anak saya terselesaikan uhuy..

I am sorry if I over posting these past few days.. Somehow I feel pumped up and so productive and addicted on filming hahaha... So here it is.. My Baking Demonstration on making Cokelat Cupcake. Super easy peasy..


Biasanya saya bikin kue selalu bantet tret tett secara oven saya itu konvensional sekali alias oven tangkring di kompor tanpa temperature. Jadi saya memasrahkan segala sesuatunya sama alam hahaha.. Pake ilmu six sense berharap itu udah on the right temperature.

Please clik play for the demonstation, biar tau konsinstensi dan how I make this Cokelat Cupcake



Resepnya nih jeunk (saya dapat dari http://allrecipes.com/recipe/chocolate-cupcakes/?scale=8&ismetric=1) - di allrecipes.com itu kalian bisa sesuaikan loh resepnya. Untuk berapa cups yang kalian inginkan bahannya seberapa banyak.

Karena saya baru nyobain pertama nih, so I try a least dulu heheh untuk 8 cups ini dia resepnya:

Bahan Kering:
85 gram tepung terigu all purpose
1/8 sdt baking soda
1 sdt baking powder
30 gr cocoa powder
sejumput garam

Bahan lainnya:
20 gram mentega dengan suhu ruang (saya pakai margarin di video demo)
150 gram gula pasir putih
1 butir telur
2 ml vanila extract (saya ga pakai)
120 ml susu cair

Caranya:
1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celsius
2. Ayak bahan kering menjadi satu, sisihkan
3. Mixer mentega dan gula sampai tercampur rata (sekitar 3 menit dengan medium speed)
4. Masukan 1 butir telur, mixer sampai putih pucat (tidak perlu sampai berjejak)
5. Masukan 1/3 bahan kering lalu mixer sampai rata
6. Masukkan 1/2 dari susu cair (berarti 60 ml) mixer sampai rata
7. Masukan 1/3 bahan kering lagi mixer sampai rata
8. Masukkan 1/2 (sisa) dari susu cair mixer
9. Masukkan sisa dari bahan kering mixer sampai rata
10. Masukan dalam cetakan (1/2 dari cup saja karena akan mengembang)
11. Panggang 15-17 menit atau sampai matang (ketika ditusuk dengan tusuk gigi tidak meninggalkan jejak)

12. Jika kamu ingin memberikan frosting tunggu sampai benar-benar panasnya hilang (dingin), di video demo saya hanya pakaikan margarin dan ditaburi meises warna warni.

Gitu aja. Super easy under 30 minutes kelar.. love it!

1 comment:

  1. Kak Sanny...aq ikutin resep bolu kukus dan sampai skrg selalu mekar dan bagus hasilnya, setelah belasan kali cb bikin dgn resep lain dan sering gagal.
    Kali ini aq cb bkn cup cakes..
    Hasilnya kok tdk spt kak Sanny yg menggunung yà? Aq punya flat aja gitu..rata..tp rasanya enak.
    Klo gula nya aq pake gula halus gmn kak?..spy tdk mengkaramel di bagian atas dan gmn cara nya spy lebih lembut..yg ini agak kasar teksturnya.
    Mksh banyak ya Kak..

    ReplyDelete