Friday, August 22, 2014

The Arrival of Ardelle Deitra Subroto

Halo teman-teman semuanya apa kabar? OMG! Udah lama banget ga update blog ini udah debuan en jamuran sepertinya huhuhu

Anyway disaat anak anak sudah bobok dan saya masih punya energi tersisa hehehe *lebay nya keluar* saya mau berbagi kisah lahiran Elle nih yg hampir lewat 3 bulan lalu.. Ya sapa tau menginspirasi emak emak diluar sana yg juga lagi harap harap cemas mau brojolan *wink wink*

Cerita dimulai tanggal 29 Mei 2014
Ah udah galau gila hari itu, excited yet takut bingit. 

Excited ya karena bakal akhirnya gendong si baby takut ya karena akan menghadapi proses lahiran jrenk jenk jenk...

Walaupun bukan yg pertama kali tapi teteup aje kebayang2 yg parno parno aneh aneh. 

Lahiran Elle ditempuh dengan cara c-section alias disesar karena doi sungsang. Padahal saya udah ngarep banget pengen VBAC karena jujur takut ngebayangin yg namanya jarum, piso, perut dibelek dan kawan2. Tapi ya namanya juga udah hamil mau ga mau harus dikeluarin dong, apapun caranya bare with it deh yg penting keluar.

Beda sama Biebie dulu yg emergancy c-section klo ini planned c-section jd hari nya pun udh diatur yg penting udah full term si baby. 

Long story short dipilih lahir tanggal 30 Mei 2014 jam 6 pagi. 

Jadi saya udah masuk RS tgl 29 Mei jam 21.00 


Kenapa saya pilih tgl 30 Mei? 

Umh... Sebenernya saya dan suami berencana awalnya mau natural aja deh tunggu mules baru tindakan. Tapi hadeuh makin gede hamilnya makin ga sanggup saya. Capekk, ga bisa tidur, dkk dkk.. Jd begitu full term boleh dikeluarkan langsung eksekusi. Dan tgl 30 Mei itu tanggalnya hehehe 

Terlebih lagi biar pas aja sebulan 1 yg birthday. 

Elle - Mei
Biebie - Juni
Papanya - Juli
Mamanya - Agustus
Anniversary - September 

Tiap bulan deh makan kue *gendodddd*

Back to the topic 

Yak di tanggal 29 Mei itu mulai deh tindakan saya di tensi, di urus2 (cuci perut biar perut kosong), puasa dari jam 12 malam, dan dicukur2 (kalau belum cukur sendiri), dokter anastesi dateng berkunjung tanya2 riwayat alergi terus periksa nafas gitu. 

Malam itu seperti yg sudah diduga ga bisa tidur bokkk.. Dan Biebie juga!!!! 

Yup selama saya di RS biebie juga hehe kami ibu dan anak yg tidak terpisahkan dan entah mengapa yeee malem itu dia ga bisa tidur.

Seumur-umur ga pernah dia begitu. Jam 8 tidur eh jam 11 bangun sampe jam 3 subuh donk... 


30 Mei 2014

Setelah dia tidur saya juga istirahat eh jam 5 suster dah ngetok suruh siap2

Siap2 nya ya mandi setelah mandi ganti baju persiapan operasi pasang infus dan meluncur ke kamar operasi.

Pengennya jalan sih abis kan ga kenapa2 tapi ga boleh sama sus nya ehehe prosedur katanya. Kasian aja si sus kudu dorong2 saya yg beratttt

Yak akhirnya tibalah saya di kamar operasi ah seperti mengulang kejadian 3 tahun lalu pas Biebie. 

Cuma beda banget klo pas Biebie tuh rasanya gedebak gedebuk karena emergancy c-section klo Elle ini rasanya lebih santaiiii

Dan saat yg ditakutkan mulai proses anastesi lokal. Bok itu suntikan maut hahaha *lebai* sebenernya ga sakit yg gimana banget cuma agak ngilu pas si jarum nusuk daerah tulang belakang. Cuma yg bikin super ga nyaman saya disuruh duduk membungkuk kan perut gede ommmmm sesek kaleee 

Yak setelah obat anastesinya jalan udah ga berasa tuh dari pinggang ke kaki. Anget rasanya sedangkan pinggang ke atas kedinginan karena kamar operasi super dingin. 

Dokter mulai bedah... Jrenk jrenk..
Mungkin karena tegang ya nungguin si baby oek oek tensi saya turun teratur dan dokter anastesi yg baik hati sekali mulai gelisah.

It's not good during operation tensi menurun bisa lama lama ga sadar

Saya emang berasa agak kleyengan waktu itu tp sok diem diem aja. Saya ditemenin mama selama proses doi ngajak ngobrol dan setelah makin drop si dokter anastesi ikutan ajak ngobrol terus suruh atur nafas.

Perlahan tensi balik lagi dan si dokter anastesi ngerti kali ya saya gelisah nungguin anak oek akhirnya dia jabarkan yan terjadi 

Diceritain deh tuh 
"Itu kaki nya udha keliatan, sungsang ya.."

Terus ditarik deh si Elle pas ditarik itu berasa deh kaya zuing berasa kaya lagi naek perahu digempur ombak #eh 

Dan ga lama setelah itu oek oek deh ahhhh lega bangettt 


Setelah dibersiin, diperiksa vitalnya, diperiksa semua mua dikasih liat deh ke mamanya. Saya kiss kiss dan ga lupa potooo

Elle dibawa ke ruang baby terus mamaku pun ikut keluar. Proses selanjutnya adalah penutupan deh ga lama setelah itu saya dipindah lagi ke kamar

Walaupun di anastesi lokal tapi saya rasanya teler banget deh. Selesai tuh sekitar jam 8 gitu akhirnya saya tidurrrrr

Bangun2 sekitar jam 10, efek bius udah mulai ilang tuh udah bisa gerakin jempol kaki. Dah dag dig dug bakalan sakit banget kan kata orang sesar kedua sakit banget dan puji Tuhan kagaaaaaa

Ya sakit perih perih gitu tapi biasa lah namanya juga abis dibelah. 

Terus saya ngotot ama suster minta boleh tidur agak duduk dikit pegel bok rebahan aja plus saya mau belajar netein kan. Akhirnya boleh. 

Jam 12 setelah saya bener bener sadar dan ga kleyengan dipertemukanlah saya Elle dan 1st latch on happened! 


Senangnya my baby number #2 is here with me

Jam 12 saya masih belom boleh makan lapernyaaaa audujubileeee 

Untungnya sekarang ga harus nunggu kentut hehehe tp nunggu jam, saya baru boleh makan jam 14 zzz lama nyoo

Dan akhirnya sekarang saya bisa foto bareng princesses saya 


Walaupun Biebie agak kranky hari itu karena kurang tidur malemnya. 

31 Mei 2014
Hari yang ditunggu-tunggu untuk copot kateter. Sumpah ga suka banget pake kateter sangat tidak nyaman plus klo udah copot udah boleh jalan2 hehehe

Akhirnya sekitar jam 10 dicopot kateternya dan saya mulai jalan

Pertama kali napak ke lantai, umhhh ga sesakit yg saya perkirakan sama aja kaya anak pertama dulu. 

Cuma yg ini agak sakit untuk tidur miring-miring

Elle makin pinter nenennya walaupun dia selalu memilih untuk tidur. 1 hari pasca lahiran asi saya belum deras masih colostrum lengket lengket aja. 

Nah nanti cerita perjuangan asix akan saya share di post berbeda ya

Saya berada di RS selama 4 hari puji Tuhan jaudince Elle ga sampe yg harus disinar. 

Pas pulang timbangannya turun 1ons which is so normal. 

Karena di dalam kandungan kan direndem air tuh yah jadi bengkak. Pokoknya batas selama 10 hari timbangan yg turun kembali ke berat lahir. 


And this is Elle today 8 weeks and 22 days 




See you on my next post 

Ps. I might not talk about beauty in the next 3 months or less. Hope I can catch up soon

Xoxo
Sanny







10 comments:

  1. how adorable :3 semoga keluarga ka Sanny selalu dilindungi oleh yang Maha Kuasa ya kaa :)

    ReplyDelete
  2. elle lucuuuu banget <3 <3
    i love her smile ci ^^ so priceless

    ReplyDelete
  3. Whuaaah selamat ya ceee dan biebie atas dedek elle yg lucunya kebangetaaan >.<
    Pipinya itu loh hihihi *kiss kiss :*

    ReplyDelete
  4. waah, lengkap bangett, makasih banyak pengalamannya (i'm a newly wed) and i love to browsing all of your blog, terutama bagian beautiesnya ! <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkiuuu hana udah mampir mampir *kiss*

      Delete
  5. Masih bayi tapi udah murah senyum yaaaaa... aku juga udah 37w dan lagi harap2 cemas nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh asikkkk nih menghitung hari anytime soon.. semangat ya!

      Delete