Sunday, August 24, 2014

How To Build Your Milk Supply / Cara Memperbanyak ASI

Halo apa kabar? Balik lagi nihhh... Dan seperti yg udah saya share di post kemarin, post berikutnya saya mau cerita tentang pengalaman perjalanan ASI Eksklusif saya nih


Pas jaman Biebie dulu saya gagal ASIX kenapa? 

Ya karena itu semua keraguan, terlalu stress, bingung puting dan kurangnya support dari sekitar. 

Keraguan apa sih?
Keraguan kalo ASI kita ga cukup buat si baby. Saya diantara teman2 pas jaman Biebie itu termasuk yg lahirnya belakangan jadi melihat mereka yg sekali pumping bisa dpt 100-150 kok hebat ya kenapa saya kalau pump cuma dapet 10-30 aja. Mana si Biebie nangis2 terus tiap ditetein. 

Ternyata Biebie nangis-nangis karena dia bingung puting. Dari sejak lahir dia memang udah dikasih dot standard gitu dan oon nya saya, saya ga ngerti kalau itu ngaruh. 

Makanya begitu anak kedua saya langsung prepare siapin botol n dot sendiri yaitu si medela calma.

Di anak kedua ini juga saya berusaha semaksimal mungkin untuk ga stress. 

Pokoknya yg ada dipikiran saya 

"MENYUSUI ADALAH NATURAL, JAMAN BAHELA PAS BELUM ADA SUFOR SEMUA ORG SURVIVE PASTI BISA"

Itu deh yang ada di otak saya. Walaupun pas awal awal pumping ya emang dikit bingit dapetnya.

Minggu 1 
Begitu lahiran ASI saya cuma keluar yg bening2 kentel itu dan karena Elle pake medela calma dia mau tuh nete, pinter lagi walaupun masih dikit banget kuarnya. Sampai hari ketiga saya berasa engorge alias bengkak artinya si ASI udah produksi. Maka saya coba pompa 


Hasilnya ga sampe 20 ngik nguk tapi bodo amat deh saya cuek bebek pokoknya saya kasihin dan di rs si Elle tetep dikasih sufor beberapa kali. Pulang ke rumah pun tu sufor dibekelin ya waktu itu saya pikir buat cadangan aja kalau sampe bener bener si anak ngamuk ngamuk ajojing.

Elle memang agak jaudince alias kuning tp ga sampe disinar. 

Selama si minggu itu saya belum paham macam2 teknik memompa. Terlebih Elle juga masih molor aja. Tiap 2 jam mompa akhirnya dari yg cuma dpt 10 jadi 30 dipenghujung minggu. 

3 hari pulang ke rumah dan balik ke RS ditimbang Elle yg bb lahirnya 3.090 gram terus pas pulang jadi 2.900 gram udah naik 3.010 gram (ini saya masih ASI + sufor 30ml sehari 1x) 

Setelah tau beratnya naik saya jadi PD saya stop sufornya. 

Kemudian balik lagi kontrol karena kok makin kuning ya Elle. 

Ternyata begitu ditimbang beratnya turun lagi 2.890 gram aja (ini full ASI selama 3 hari setiap 2 jam saya pompa 30ml lgsg dikasihkan plus kalau Elle bangun dia nenen tp jarang banget masih dia bangun)

Minggu 2
Karena beratnya turun saya takut juga akhirnya ga ngoyo saya tambahkan sufor lagi 1x sehari 30ml ga lupa tetep konsisten pump 2 jam sekali.

Sekarang kalau pump bisa dapat 40-50ml dengan durasi pumping 30menit. 


Saya juga mulai googling berbagai macam teknik memompa. 

Akhirnya saya paham ada banyak teknik memompa:
*Reguler Pump: melakukan pemerahan dengan mesin/tangan selama 30 menit yg dijeda. Jadi 15 menit pump, jeda 10 menit, pompa lagi 15 menit. Dengan jeda begini akan memancing LDR (let down reflex) dan bikin hasil lebih banyak

*Power Pump: melakukan pemerahan dengan mesin/tangan selama 1 jam dengan beberapa jeda. 
20 menit pertama pumping
10 menit jeda
10 menit lagi pumping
10 menit jeda
10 menit pumping
Proses power pumping ini meniru kalau si baby lagi growth spurt. Lakuinnya 1x dalam sehari aja selama 3 hari berturut2 dalam 1 minggu. Nanti minggu berikutnya naik deh dapetnya. 

Siklus pertama power pump saya, saya bisa dapet 60 yg tadinya 40 di regular pump. 

Minggu 3 
Elle mengalami growth spurt. Selama 3 hari saya ga bisa pumping karena Elle nempel terus nenen non stop. 

And amazingly begitu kelar growth spurt coba pumping 2 jam setelah proses ASI keluar terakhir bisa dapet 90-100ml berarti supply nya dah nambah lagi. 




Minggu 4
Monthly checkup, Elle udah finally full ASI sejak growth spurt itu. Dan PUJI TUHAN timbangannya naik. 1 bulan dia udah 4.2kg ah bahagia banget bisa toss out the sufor. Walaupun masih ada 3/4 kaleng dan itu sufor mahal tapi saya bahagia bisa ga pake sufor lagi. 

Minggu minggu selanjutnya saya udah ga pernah pompa tiap 2 jam karena Elle makin pinter nenennya. Jadi paling pompa pas dia tidur aja. Karena kalau malem dia tidur pules banget dan jeda nenennya bisa 4 jam lebih jadi berat banget rasanya. 

Atau kalau abis nenen masih berasa berat saya pompa lumayan bisa disimpen 


Proses nenen juga harus diperhatikan agar si baby dpt foremilk n hindmilknya. Banyak faham dan teknik tapi untuk saya yg ternyaman n seems work very well yaitu 1PD 1sesi. 

Banyak yg khawatir klo 1 PD ga cukup, tenangggg.. Si ASI akan terus terproduksi selama dia dikeluarin. 

Jadi apa kunci utama memperbanyak supply? Perbanyak demand alias banyakin keluar nya si ASI entah dengan nenen ataupun di pompa. Maksimal 2 jam sekali deh disaat si baby blm pinter nenen. Kalau udh pinter diajak nenen tiap 2 jam. 

Sekarang saya pompa plg sehari 1x disaat subuh atau tengah malem 


Dan Puji Tuhan bisa simpen do freezer yang hampir penuh 


Jadi kalau kalian new mom dan saat pompa belum dapet 100ml jangan panik jangan takut. Karena si baby need nya belom segitu. Seiring berjalannya waktu pasti jadi makin banyak dh. 

Oh ya melalui post ini juga saya mau share. 

Kalau ada yg butuh ASIP wilayah malang. 
Saya punya 25 kantong + 16 botol (50-150ml)

Yg butuh monggo send email ya

Thank youuuu
Sanny











14 comments:

  1. Wuah nice tips! Sayangnya Farrel gak pernah minum asi u___u tiap dicoba / dipaksa minum asi, dia muntah2 XDDD;; apa asinya pahit yak LOL cukup khawatir waktu itu, karena katanya kan kalau gak minum asi, pertumbuhan jadi gak maksimal dll. Syukurlah sampai sekarang dia 4 tahun, dia tumbuh baik2 aja >___<v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puji Tuhannn :) :) Thanks sudah mampir ya

      Delete
  2. excuse meh ^^
    i've nominate you on Liebster Awards . check this out :
    http://gocianyen.blogspot.com/2014/09/1st-liebster-award.html#.VAmMhFfc08M

    congrats and keep update ♥

    ReplyDelete
  3. Great Post! Follow each other on GFC, Google+ and Bloglovin? If yes, follow me and i follow back as soon as i see it. Let me know with a comment on my Blog

    Keep in Touch xx Rabea from germany
    http://rabeasbeautytipps.blogspot.de/

    ReplyDelete
  4. Nice info..salam kenal yh mam..saya juga di malang nii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo putri.. sorry baru bales.. salam kenal juga.. wah asik nih satu kota :)

      Delete
  5. Halo mom....

    Setiap aku sedih karena asi ku dipompanya dikit, aku selalu baca ini.. aku screen capture2in agar bisa semangat asi nambah.. karena asi aku dikit dan kata dokter, kalo masih sedikit juga harus ditambah sufor.. bayiku sebulan cuma naik 400gr..

    Doakan ya mom, agar aku juga bisa punya hasi perah yang banyak untuk bayi aku yg umurnya baru 1 bulan... posting ini sangat menginspirasi..

    Terimakasih ya..

    Haloterong.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mommie pasti bisa hosh hosh hosh!

      Delete
  6. Umur bayi aq 2 bulan, setiap pumped 2jam an cuma dapet sedikit dan sekarang dia minum sufor juga,, tapi mau nyoba power pumped, meskipun sedikit tetep diusahain dia selalu minum asi setiap harinya,, semoga usaha aq berhasil untuk meningkatkan asi supaya berlimpah,,
    Good posting and very motivated me 😊thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mommie.. hayo hosh.. pasti bisaa.. keep in prayer ya.. dan positive thinking

      Delete
  7. Abis baca ini rasanya jadi pengen punya baby lagi, n bener2 kasih full asi. Anak pertama sama sekali ga pake asi n anak ke 2 cuma beberapa bulan aja karna asi keburu kering. Salah tehnik kayaknya. Baca ini baru ngeh asi harus di pump 2 jam sekali.Thx u ya sharing nya ;)

    ReplyDelete
  8. Wah..baru tau kalo power pumping itu kudu di jeda ya mom.. thx ya infonya.. aq lg power pumping nih.. baru berjalan 2hari..kemarin seharian dapet 70 ml..bersyukur sekali ^-^

    ReplyDelete
  9. Jeda utk power pumpbitu brp jam ya ke pompa berikutnya. Misal power pump dr jam 5-6, jd sesi berikutnya mulai dr jam 7 atau 8 ya. Dan setiap sesi 1 PD aja? Yg sebelah satunya kan biasa ngerembes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiiii..


      kebetulab aku pakai double pump jd langsung bareng 2-2 nya

      kalau pakai single pump berarti gantian aja, tp jadi double the time

      aku 2 jam jaraknya. jd misalnya selesai jam 6, pompa selanjutnya jam 8.

      Delete