Wednesday, May 7, 2014

Proses Pelepasan Dot

Kali ini mau share cerita curahan hati seorang mama boleh ya... semoga teman-teman yang belum jadi emak-emak ga bingung hahaha..

Jadi saya mau cerita nih tentang how addicted my daughter was with yang namanya dot.
Dot disini tuh maksudnya adalah botol yang ada dot nya terus cuma boleh diisi air putih aja dong.

Sejujur nya saya akui ketergantungan si Biebie sama dot itu ya salah saya juga.


Kenapa jadi salah saya?
Karena memang habit/kebiasaan seorang baby/anak itu ya karena kebiasaan yang diajarkan oleh orang tuanya.
Jadi latar belakang ceritanya adalah seorang baby dibawah usia 3 bulan itu tidak memiliki kemampuan untuk menenangkan diri sendiri (self-soothing) mereka membutuhkan "sesuatu" untuk menenangkan diri mereka, makanya ketika menangis seorang ibu bertugas menenangkannya entah dengan menyusuinya secara langsung (breastfeed), menimang-nimang, atau memberi empeng.

Ketika awal melahirkan saya mengalami kesulitan dengan breastfeeding secara langsung karena minim ilmu dan juga minim pengalaman sampai akhirnya si Biebie kenal yang namanya dot. Nah setiap dia nangis ujung-ujungnya di kasih dot lama-lama blenduk dong. Akhirnya salah seorang suster di RS memberitahu saya bahwa baby nya dikasih empeng aja sampai 3 bulan, nanti lewat 3 bulan jangan dikasih lagi biar ga ketergantungan.

Biebie when she was 1 month old
Saya coba ikutin deh sarannya. Saya berikan dia empeng sampai 3 bulan, dan tetap minum lewat dot.

Sampai lewat 3 bulan akhirnya Biebie tiap mau bobok harus nyot-nyot tuh. Pakai botol dot. 1 tahun pertama botol dot berisi asi/susu.

This addiction continued sampai beberapa minggu lalu. Bedanya isi dari si dot itu.
Biebie memang ga gitu doyan susu setelah lepas 1 tahun. Saya biasakan dia minum susu dari gelas selepas 1 tahun karena saya takut giginya karises kalau terus-terusan ngedot berisi susu sebelum tidur.
Untungnya sepanjang malam dia ga minta susu *mungkin emang karena ga doyan susu kali yak*

Walaupun dia ga minta susu dikala terbangun tengah malam tapi dia tetep minta dot berisi air putih kalau terbangun. Dan begitu dikasih dot berisi air putih ya langsung tidur lagi ga sampai 5 menit. Mungkin karena ini juga saya jadi keenakan. Ah udah kasih aja dot biar ga nyusain. *jujur loh*

Tadinya saya udah ngarep dia akan stop nge-dot itu ya lebih dari 1 tahun. Karena melihat anak kakak saya ya berenti ngedot di usia 1 tahun.

Tapi apa daya, anaknya ga mau. Dia ngamuk-ngamuk setiap kalau mau tidur ga dikasih dot berisi air putih.

Sampailah saya pada titik parno sendiri, aduh ni anak mau sampai kapan nge dot. Ntar kalo tonggos gimana, ntar kalo kembung gimana, dkk dkk.

Pernah saya coba paksa ga kasih si dot itu sebelum dia tidur, hasilnya?
Biebie nangis berjam-jam dan tetap ga tidur.
Kan kalo kata pengalaman orang-orang paksain aja, biarkan dia nangis nanti juga capek sendiri dia tidur.
Noooo..
it doesn't work for Biebie. Yang ada dia nangis berjam-jam sampai mau muntah minta dot nya.
Saya yang tadinya kebal dengan tangisannya ya luluh juga ngeliat dia udah berjam-jam nangis dan sampai mau muntah gitu.

Akhirnya saya kasihin deh dot nya lagi.

Dan it was repeatedly happened loh. Saya coba beberapa kali dan hasilnya sama.

Sampai akhirnya mama saya bilang "udahlah ntar juga kalo dia mau lepas, lepas sendiri"

Mengingat latar belakang mama papanya. Saya sendiri si penghisap jempol sampai kelas 1 SD dan akhirnya lepas sendiri tanpa paksaan. Walaupun sebelumnya si mama udah berusaha bikin jempot saya pait lah, dipakein plester lah, dkk. Begitu juga Papa Biebie yang addicted to empeng sampai ga tahu kelas berapa hahaha.. tapi katanya lepas sendiri juga tanpa paksaan.


Sampailah pada kejadian beberapa minggu yang lalu. Kejadian yang ga akan saya lupakan sepanjang hidup hihihihih..

Jadi pertama itu gara-garanya kita main ke rumah salah satu sepupu suami saya, disitu ada dispenser yang bisa pencet-pencet sendiri. Si Biebie mainin itu, sambil minum minum dan minum terus *pasti dia kembung banget tuh*

Dan akhirnya kita pulang dong udah malem.

Singkat cerita begitu sampai dirumah si Biebie mau tidur dia minta nyotnyot nya *si botol dot air putih* *ga kebayang deh perut kembung diisi lagi*

Beberapa kali nyotnyot terus tiba-tiba dia kasih saya nyotnyot nya terus bilang "ga enak mama, ga enak" dan jrenk jrenk muntah lah dia. *niscaya karena kekembungan*

Dan disitu saya manfaatkan untuk kasih tahu, saya bilang ke dia "tuh Bie, kamu muntah gara-gara nyotnyot. Ini disimpen aja ya. Bobo nya sendiri aja, oke?" dan Biebie pun setuju *ga enak bok muntah sebelum bobok*

Akhirnya malam itu untuk pertama kalinya dalam sepanjang hidupnya Abigail Audrey Subroto tidur tanpa pakai dot nyot nyot!!!!

Seneng banget saya..


Saya pun berjanji sama diri saya kalo, this is the time. Hayo biar dia nanti kebangun terus minta nyot nyot saya harus ingetin lagi kejadian si muntah biar dia ga mau dan saya harus bisa handle the situation.

Eh tapi untungnya si Biebie nyenyak-nyenyak aja tidurnya. Tanpa kebangun sama sekali. Tanpa nyariin si nyot nyot sama sekali.

Besoknya langsung saya norak heboh bahagia cerita sama si mama. Si mama bilang ya udah terusin jangan dikasih si nyotnyot lagi. Buang, umpeting, jangan sampai keliatan si Biebie.

Tapi karena saya ga mau memaksa si Biebie setelah kejadian muntah semalam saya ngobrol lagi sama si Biebie. Saya bilang "Biebie, biebie semalem muntah gara-gara nyotnyot. Sekarang nyotnyotnya disimpen aja ya. Biebie kan udah besar, udah mau jadi cici. Bisa dong tidur sendiri" dan Biebie pun menjawab "ok, Biebie udah gede"

SIPPPPPP...

Tinggal menjalankan lagi nih proses tidur nidurin.

Hari-hari pertama saya deg-deg an aduh berapa lama nih bakal ni anak tidur tanpa nyotnyot. Biasanya dengan nyotnyot sebentaran tidur.

Dan memang the process is not as easy as with nyotnyot.

Pas mau tidur dia peputeran nyari posisi, ntar dia meluk guling, ntar dia meluk boneka, dsb. Tapi ya itu lah proses pendewasaan, I have to bare with it. Nemenin dia, nuntun dia, sama aja kaya kita orang dewasa mau tidur juga ga langsung tidur kan. Butuh proses, kalo lagi kecapean ya cepet, tapi kalau adrenalin lagi tinggi ya lama.

Makanya sekarang sebelum tidur saya ga pernah ajak becanda yang heboh-heboh biar cooling down nya cepet.

Positif sides dari sayonara nyotnyot banyak banget, OMG! Saya langsung berasa punya anak gadis hahaha.
Sebelum lepas nyotnyot setiap hari kami selalu diwarnai yang namanya kecolongan pipis. Karena memang pas nyotnyot itu Biebie bisa minum air putih sampai 2 L sehari! Bagus sih tapi ya bok heboh bener itu pipis juga jadi tidak terkendali.

Sebelum hamil saya masih sanggup gotong-gotong dia ditengah tidurnya buat pipis, tapi setelah positif hamil akhirnya Biebie setiap mau bobok pakai diapers lagi. Dia sempet ogah-ogah an tapi ya daripada basah kuyup pas tidur akhirnya dia mau.

SEKARANG  setelah lepas nyotnyot no more ompol hahahha.. Udah seminggu saya buang-buang pampers kering tiap malem *mubazir deh bok*

Terus sekarang Biebiet tidurnya juga jauhhhh lebih pules. No more kebangun tengah malem nyariin nyotnyot. Bener-bener bisa straight tidur 10-12 jam!


Pokoknya I am so happy and so proud of her deh.

Inti dari saya berbagi kisah ini sebenernya cuma satu kalau ada diantara kalian yang anaknya masih addicted akan entah dot, boobs, empeng, or what so ever mungkin pilihannya bukan paksaan ya tapi komunikasi dan juga siapkan diri kalian!

Because setelah lepas dari addiction mereka, mereka akan jauh lebih kreatif dan aktif. Sumpah!

Dan komunikasikan cari timing yang tepat *klo pas Biebie dia menemukan betapa ga enaknya kekembungan sampai muntah* terus diajak ngobrol. I prefer this way daripada menciptakan trauma karena paksaan.

Tapi again, parenting itu adalah sebuah seni tanpa ilmu pasti. Ga ada yang bener ga ada yang salah. Selama cocok dan sesuai sama visi misi hidup kalian go for it. Untuk saya this is the best way :)

Happy Parenting, parents :)




2 comments:

  1. Ci Sanny, aku masih ngenyotin kain gombal kalo bobok, umur udah 24 tahun gini. Kalo nggak, nggak bisa bobok -_-

    ReplyDelete
  2. Aaaah si bibie makin cantik dan unyu aja..pinteeer udah mo lepas nyot nyot nya hihihi...
    :*

    ReplyDelete