Sunday, May 11, 2014

Persiapan Menjelang Lahiran (jilid 3): Perlengkapan Menyusui

3 weeks to go sodara-sodara!!!

Kya.. histeris tiap ngebayangin harus masuk kamar operasi lagi....
Yak.. Baby Elle positip sungsang karena kemarin pas 34 weeks cek up, kepalanya masih di diagframa saya. Dan untuk ukuran 34 minggu kalau posisinya begitu ya udah begitu terus deh karena sudah besar dan udah hampir ga mungkin untuk muter.

Her weight udah 2.2 kg sekian-sekian. Yang mungkin pas lahir nanti akan seberat pas Biebie lahir yaitu 2.9 kg. Yang penting sehat, lahirannya lancar.. Amin yaa.. doain ya..

Untuk post persiapan menjelang lahiran kali ini saya mau share perlengkapan menyusui yang sudah saya siapkan dari 28 minggu alias pertama banget.


Kenapa saya menyiapkan ini semua pertama banget?
Karena berdasarkan pengalaman saya perlengkapan menyusui inilah yang paling penting dari yang terpenting untuk menyukseskan kegiatan susu menyusui hhehehe

Well ga semuanya sih dalam seketika brek kekumpul.. ga.... *bisa bokek mendadak* tapi dicicil.

Yang pertama banget saya buru itu adalah si pompa asi. Sempat bingung mau medela swing biasa atau medela swing maxi.

Sebelum nya saya pakai medela mini elektrik dan sumpah itu ga enak banget, berisik sekali bikin makin stress. Akhirnya setelah berkonsultasi dengan teman-teman direkomendasikan swing aja. Selain suaranya yang halus juga si swing punya 2 phase sedotan. Yaitu phase memancing si asi keluar sampai LDR (let down reflex / ngucur sendiri) dan phase kedua yaitu saat si asi udah ngucur sedotannya akan lebih dalam.

Setelah dipikir-pikir dan dibandingkan dan disesuaikan dengan keadaan keuangan akhirnya diputuskan untuk beli si medela swing maxi aja deh.


Memang harganya bikin ciut dan ga belanja makeup 3 bulan (2jt plus ongkir waktu itu / bulan Maret) tapi dengan kemampuannya yang niscaya membantu pengeluaran asi saya redo dah. Demi anak.

Paketan medela swing maxi ini cukup lengkap. Selain bisa langsung pompa kiri kanan yang kata beberapa ibu yang sudah mencoba bikin asi mengucur lebih banyak, si swing maxi ini juga menyediakan dot calma.

Selain itu kamu bisa pompa dengan kekuatan listrik atau batere (jadi compatible dan mobile gitu bisa dibawa-bawa kemana2)

Dan kalau misalnya kamu mau bikin mode pompa 1 payudara aja bisa. Jadi si payudara satunya sambil menyusui.

Karena dari pengalaman pertama saya dulu, penting banget deh pas awal-awal menyusui dibantu pompaan. Biar keluarnya banyak sehingga si payudara mikir demandnya banyak dan asi jadi mengucur deras. Karena ASI itu based on supply/demand hehehe


Balik lagi ke medela calma. Apa sih hebatnya dot ini? Well saya belum membuktikan sih tapi *again* kalau kata testimoni nya si medela calma ini meniru fungsi kerja payudara. Jadi kalau ga benar-benar di sedot ASInya ga akan keluar. Beda sama dot yang lain (walau itu dot wide neck) yang tetep aja kuar setetes-setetes walau ga disedot. Makanya kalau dilihat pada gambar diatas begitu dipretelin banyak perkakasnya.

Saya sampai beli lagi 1 medela calma untuk serep/persediaan. Ngarepnya sih anak saya nanti Baby Elle bisa direct breast feeding. Dan berdasarkan pengalaman saya dulu itu ga mudah.. jadi pas awal-awal dibantu dot saya harap dengan medela calam Baby Elle jadi ga bingung puting. Aminnnnn..


Yang selanjutnya saya siapkan itu adalah medela breast shell. Fungsinya apa?

Kalau medela breast shell ini ternyata fungsinya untuk melindungi puting yang luka (biasa pas menyusui emang ada tuh kasus cracking nipple atau sejenisnya)

Nah sebenernya saya pengen carinya medela milk collection shell.

seperti ini Milk Collection Shell

Tapi setelah ngubek-ngubek online stores dan mothercare ga ketemu akhirnya memutuskan untuk beli Medela Breast Shell aja deh. 

Basically sama sih bentuknya cuma bedanya si breast shell ada bolong-bolong nya dibagian atas biar udara bisa masuk. 

Kegunaannya buat apa?
Yang saya cari ini satu sebenernya MENYELAMATKAN ASI yang netes-netes.

Tiap tetes ASI itu berharga bokkkk... the white gold lah itu. Dan kadang suka ga terima kalau si asi keserepnya ke breast pad terus dibuang hahaha.. jadi saya berencana pakai si breast shell ini kalau lagi dirumah kan tuh kadang asi suka LDR seenak jidat ya. Jadi begitu LDR kelar bisa saya tampung. 

Tapi inget loh kalau kamu juga berencana melakukan hal yang sama kamu harus rajin-rajin cek jangan sampai udah berjam-jam terus disimpan. Udah rusak mak asi nya. Jadi harus rajin cek, rajin bersiin, rajin deposit juga. 

Yang terakhir saya beli adalah Medela City Style *ini sebenernya impulsive* 
Karena setelah beli saya mikir, do I need to store my milk? Kan saya dirumah pengennya ya yang seger-seger aja gitu.

Tapi setelah dibeli ya mayan deh dapet tas nya kan jadi bisa travelling in style *kaya mau jalan-jalan aja*

Dasarnya si medela citystyle ini juga tas breast pump terus dapet cooler bag dan 4 botol penyimpanan susu, dan blue ice container. 

If you have more budget to buy this rekomen sih tapi ga yang urgent banget. 

Yang urgent banget itu breast pump nya deh. 

Mencari pompaan asi yang nyaman dan enak itu membantu banget. Kalau ternyata pompaannya super ganggu, ga enak, bikin sakit itu malah bikin asi makin sedikit. Jadi ada baiknya survey dulu, dicoba dulu *nyalain suka ga sama suaranya* dan tanya ke temen-temen yang udah pernah pakai. 

Lastly goodluck and wish me luck. Masih ada 2 jilid lagi nih di persiapan menjelang lahiran. I update you again next week ya. 

Thank you!

xoxo

5 comments:

  1. Waaaaah walopun gak ngerti tapi berusaha ngerti.. Ilmu untuk investasi masa depan.. hihii
    Makasih ya maaak udah sharing ilmu disini.. walopun blm nikah tapi dikit2 tau lah..kalo lupa tinggal ke mari lagi heheeee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. senangnya klo bisa dijadiin investasi hahaha..
      kudoakan segera menyusul *nikah dulu gitu hihihi* aminnnn

      Delete
  2. mbak...berarti medela breast shell juga bisa buat nampung ASI dan ASInya bisa diminumkan ke bayi kan mbak?
    aku baru beli medela breast shell dan kaget pas baca ada larangan memberikan ASI hasil tampungannya ke bayi... hiks berasa salah beli...
    tapi padahal bisa kan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rara, memang sebenernya si breast shell ini buat melindungi puting pas crack gitu tp klo diliat mirip si milk collector kan ya jd menurut aku boleh2 aja dikasiin asal dijaga kualitasnya. Jgn keburu lama terus dijaga kebersihannya juga 😊

      Delete