Tuesday, February 25, 2014

Mengajarkan Anak Makan Mandiri

Saya lagi berhasrat banget deh nulis about motherhood mungkin karena jiwa keibuan saya lagi bergelora menyambut anak kedua.

Ga sabar rasanya having another baby. Pdhl dulu rasanya klo ngebayangin suruh mengulang masa-masa awal jadi ibu tuh jenggah banget, tapi sekaran malah ga dabar menghadapi keseruannya.

Jangan khawatir post about beauty and makeup akan menyusul kok! Nunggu jerawat di pipi bercokol 2 biji kiri kanan menghilang dulu ahhaha.

Jadiiiii... Saya mau berbagi tips nih cara saya ngajain makan mandiri ke anak pertama saya, si Abigail yang Puji Tuhan sakses.. Udah ga gitu repot kalo makan ke resto walau masih berantakan.

Yup, makan mandiri untuk usia toddler (Biebie 31 bulan) jangan harap deh rapih nan kinclong pasti ada aja insiden sendok jatoh, nasi berhamburan pas dia nah suap ke mulut dan kawan-kawan. Jadi harus dimaklumi nih ya ibuk-ibuk.

Sebelum memulai mengajarkan teknik makan mandiri harus dilihat nih si anak udah siap belum. Indikasinya?

1. Udah bisa meang sendik dengan cara yg benar.
2. Udah tahu makanan itu masuknya ke mulut.

Untuk Biebie saya biasakan dia eksplore makan sendiri itu dari usia 18bulan. Maksudnya dia eksplore makan sendiri adalah gunakan 2 piring. 1 piring untuk dia suap-suap sendiri dan 1 piring buat mama nyuapin beneran. 

Teknik ini saya temui ga senaja sih, jadi tuh waktu itu si Biebie lagi gerakan mari ga mau makan (bukan GTM) dia membuka mulut tapi lamaaaaaa banget makannya astga ampe bekonde. Tapi pas saya suruh suap2 sendiri karena emosi eh malah cepet, jadilah saya pake teknik itu buat nyuapin dia saat itu. 

Lama kelamaan dia jadi kebiasaan kan thh, jadi mau saya tekankan nih cara nya bukan dengan yg ngajarin "hayok makan sendiri gini caranya lalalalalalala" dari hanan bahela dia dai oe oe saya selalu melatihdia dengan membiasakan. Karena saya punya paham anak bisa karena terbiasa. 

Lalu kalau dia udah mulai eksplore itu baru deh dimulai tahap selanjutnya gimana dia bisa terbiasa bener-bener makan mandiri. Benefit paling terasa buat saya itu pas makan di resto jd ga kelamaan nunggu nya or sayanya jd ga keburu laper hahahaha *emak geblek*

Yang perlu ibu sekalian lakuin buat membiasakan si anak makan mandiri gampang bgt kok. Makan bareng mereka! Karena si anak akan meniru mamanya. PASTI. 


Maafkan resolusi kamera yg butut ini yak hehehe

Teknik makan bareng ini juga saya nemuinnya ga sengaja, jd waktu itu lg nyuapin Biebie saya jd ngiler laper dan ikutan makan. Ternyata dgn saya makan bareng dia malah jd semangat dan kalo udah kosong belom saya suap karena asik sendiri dia suap sendiri *again mamak geblek, anaknya makan sendiri krna terpaksa* hahahaha

Nah untuk teknik makan bareng ini mama mama sekalian makannya harus bak putri soclo nih. Karena biasanya klo mama udah abis duluan si anak jd ngambek hahaha.. *pengalaman pribadi*

Untuk tahu berapa lama teknik membiasakan ini sakses ya tergantung anaknya lagi. Tiap anak kan invidu yg spesial ya tentu beda-beda yang pasti jangan dipaksakan. Jangan diomelin klo berantakan. Pokoknya disemangati gitu dan pasti sepanjang jalan masih butuh bantuan mama nya. 

semangat mommies ketjeh! 





5 comments:

  1. Kamu bener-bener lagi semangat 45 ya San hahaha. Saking semangatnya lumayan banyak typo hahaha. Tapi seru bacanya, kadang bingung sendiri itu kata2nya apa wkwkwkwk. Semangat Sannyyy, aku pantau terus nih postmu tentang motherhood hahaha. Buat persiapan kalo mau punya baby wkwkwk

    Sehat terus ya San dan keluarga juga ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya luc saking semangatnya ngetik di hp jd bnyk bgt typonya mau benerin males dulu hahahaha...

      Thanks yaaaa... amin amin amin

      Delete
  2. Si bie-bie sdh berapa tahun ce? Baby ken aku baru 23bulan.. aku nya skrg lg telat 3minggu hahahaha.. lg nambah lagi nih.. baby ken aku malah, makan nya masih seneng bubur Tim hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeeee temen bumilnya nambahhh asik asik asikk.. Nanti kt bikin makeup collab dandan ala ibu ibu hamil ya hahahahaa..

      Biebie udeh 31 bulan dia dan klo dia pemakan segala kadang aja suka berebutan ama aku hahahaha

      Delete
  3. Waahh... bagus tips nya ce, mau nyobain ke anak ku deh, udah 4 tahun gak bisa makan sendiri, bisa sih megang sendok dsb tapi males banget anakku ini, maunya disuapin melulu T^T

    ReplyDelete