Monday, April 22, 2013

Baby 101: How to handle your sick child with fever


My little Abigail sakit kemaren. Pas lagi family day out tiba-tiba badannya hangat terus batuk-batuk gitu. Si virus menyerang nih. Yup.. Biebie kalau kena virus batuk pasti badannya anget walau cuma sebentar (1-2 hari) tapi tetep aja kan ya sebagai orang tua pasti khawatir kalau si anak badannya hanget. Tapi yang perlu dicatet buat para Ibu kalian harus tetap tenangggggggg... Karena somehow anyhow si anak tuh tau kalau kita resah, ga tenang, stress, anaknya pasti jadi rewel. So I have succesfully trained my self to stay calm in whatever situation hehehe.. Berkat pengalaman sih si biebie pernah dioperasi pas belom genap 2 bulan jadi saya udh terlatih in the worst situation.

Yup lanjut lagi talking about sick child with fever. 

Jadi kalau saya mah begitu si anak badannya mulai anget maka yang akan saya lakukan adalah:
1. Pantau panasnya. Kalau masih di bawah 38 derajat maka cukup di kompres AIR HANGAT yaaaa di tekukan tubuh (ketiak, jidat).. bukan air dingin. Fungsi si air hangat ini biar badan mengirim info ke sistem pengatur suhu di otak kalau bodi nya udah anget nih ga usah di angetin lagi. *gitu deh awamnya*

2. Kalau panasnya udah diatas 38 derajat baru deh kasih paracetamol penurun panas agar anak bisa istirahat dan menghindari kejang. Kalau di bawah 38 kenapa belum saya kasih parcet karena badan masih sanggu melawan si virus. Itu sih indikasinya. Nah kalau udah 38 ke atas artinya badan udah mulai kewalahan lawan virus jadi harus di boost biar bisa istirahat dulu dan melawan lagi setelah istirahat. Parcet boleh diulang 4 jam sekali kalau masih tetap tinggi panasnya. Dan kalau selama 4 hari ga turun juga panasnya yuk maree ke dokter. Maksimal parcet dalam 24 jam dikasih 5x aja yaaaaa

3. Sekali-kali perlakukanlah si anak bak princess or prince karena kan mereka lagi lemes yaaaa.. Gpp deh sekali-kali dimanja *tiap ari juga gpp* hehehe




4. Lots of rest... Jadi usahakan si anak leyeh-leyeh dulu aja.. Main dikamar, jangan lelarian dulu... Biar tubuh jadi penuh energi melawan si virus. 


5. And this is the fun part... Si anak juga pasti seneng. Warmed bath... Biasanya kalau lagi sehat segar bugar Abigail mandinya air biasa, bukan air anget. Karena kulit dia gampang kering kalau pakai air anget, nah tapi kalau lagi fever mandi air anget ini penting banget. Fungsinya kaya kompress air anget itu. Mengirim sensor ke pusat pengendali suhu tubuh di otak untuk kasih tau "woiii... udah anget nih, turunin suhunya" gitulah kurang lebih gambarannya hehehe.


Terus kalau batuk hindari dulu yang manis2 ya... Buah boleh asal ga manis. Kaya alpukat, pear, lemon, itu boleh. Kalau pisang, pepaya yang mateng banget, cantelope itu nanti dulu deh ya kalau udah enakan baru dikasih. 

Kalau saya sih malah saya boost pakai green juice biar cepet pulih dan berajojing kembali. Gitu deh.

Jadi handle your sick child with calm and keep smile to give her/him the best booster ever. Momma's best smile. 

Okay friends, 

Good luck

xoxo
Sanny

Please visits:
my cooking blog Mari Makan Enak
Instagram Sanny Lie
Youtube Sanny Lie

No comments:

Post a Comment